Teknik dan Aturan Tendangan Pojok dalam Sepak Bola

Dalam permainan sepak bola, kita pastinya tidak dibolehkan untuk asal main tendang saja, terutama untuk pertandingan-pertandingan bola yang resmi. Oleh karena itu, para pemain dalam tim yang dipilih pastinya sudah memiliki pengetahuan dasar mengenai sepak bola seperti teknik menggiring bola, menendang bola, tendangan pojok, dan sebagainya. Tetapi, tidak semua orang mengerti penjelasan atau tata cara permainan dalam sepak bola. Semuanya akan dijelaskan secara lengkap dalam artikel kali ini.

Mari kita mulai pembahasan dengan teknik-teknik dalam sepak bola. Teknik-tekniknya seputar dalam lari dalam lapangan dan juga teknik dalam bola. Teknik larinya seperti lari zig-zag, lari dengan cepat, lari menghindari tiang atau diibaratkan tiang adalah pemain dari tim lawan, dan teknik lari lainnya. Nah, untuk teknik pada bolanya pun antara lain yaitu seperti teknik menggiring bola, menendang bola, melempar bola, mengumpan bola, mengontrol atau menerima bola, menyundul bola, gerak merebut bola, gerak menangkap bola, dan juga gerak menyapu bola. Selain, teknik bola dan teknik lari, juga ada teknik menendang bola di pojokkan atau biasa disebut tendangan pojok. Tendangan pojok atau bisa disebut tendangan sudut (corner kick) yaitu tendangan yang diberikan kepada tim lawan, yang aman tim lawan mengeluarkan bola ke area belakang garis gawangnya. Tendangan sudut itu dilakukan di sekitar area sudut lapangan yang sudah ada bendera dan garis ¼ lingkarannya. Si pemain dapat menendang bola dari mana saja, namun tetap di dalam area garis ¼ lingkaran tadi.

Tendangan sudut juga merupakan salah satu cara atau taktik yang digunakan tim untuk mencetak gol ke gawang lawannya. Oleh karena itu, biasanya pemain yang memiliki tinggi badan yang baik akan sangat memanfaatkan tendangan sudut itu. Keadaan itu dibantu pula dengan pemain belakang yang biasanya pun akan ikut maju sampai ke depan untuk membantu si pemain yang menendang di sudut untuk mencetak gol. Dalam pertandingan yang sudah ada, biasanya tendangan pojok tersebut memiliki kesempatan berhasil yang tinggi untuk mencetak gol.