Apa Itu Tendangan Bebas pada Sepak Bola?

Tendangan bebas, tendangan pojok, tendangan penalti, pastinya sudah tidak asing di telinga para pemain atau atlet bola, orang-orang yang hobi bermain bola, orang-orang yang suka dengan bola, dan sebagainya. Tetapi, tidak semua orang paham akan istilah-istilah tersebut, bukan? Banyak kejadian anak-anak kecil bermain bola di suatu lapangan, namun mereka hanya asal menyebutkan istilah-istilah tersebut tanpa mengerti maksud dari istilah tersebut dan juga tekniknya. Oleh karena itu, penting bagi kita yang memang mengaku senang bermain bola untuk mengetahui paling tidak pengetahuan dasar mengenai teknik bermain bola dan juga istilah-istilah yang ada di dalamnya. Artikel kali ini akan membahasnya secara lengkap, yuk langsung saja.

Tendangan bebas atau biasa disebut dengan free kick merupakan tendangan yang didapatkan ketika si tim lawan melakukan kesalahan dan sebagai hadiahnya tim diberi hadiah tendangan ini. Kesalahan yang dilakukan biasanya seperti menendang pemain lawan dengan sengaja. Nah, tendangan yang dilakukan jika jaraknya terlalu jauh biasanya tendangannya tidak melambung atau sekedar dioper ringan ke pemain satu tim dan kemudian dibawa mendekati gawang lawan. Sedangkan, jika jarak tempat menendang dengan gawang lawan itu dekat biasanya akan mudah untuk gol. Lalu, apa bedanya dengan tendangan penalti?

Tendangan ini sering disamakan dengan tendangan penalti. Pada dasarnya tendangan ini berbeda dengan tendangan penalti. Tetapi, jika pelanggaran terjadi di daerah atau di area kotak penalti, maka tendangan ini menjadi tendangan penalti. Cara melakukannya yaitu dilakukan tepat di titik penalti tanpa boleh dihadang pemain dari lawan. Nah, bagi sebagian besar tim sepak bola, inilah tendangan yang menakutkan karena kemungkinan untuk golnya cukup besar. Sama dengan tendangan penalti, free kick ini pun juga ditakuti oleh masing-masing tim yang bermain. Penting juga untuk mengetahui jarak tendangan bebas. Tendangan ini pada intinya bisa dilakukan dimana saja, asal bukan di kotak penalti. Jika terlalu dekat dengan gawang lawan, jarak tendangannya kurang lebih 9 meter bebas dari halangan si tim lawan.