Pesona Wisata Taman Telaga yang Menarik di Sekitar Jakarta

Pesona Wisata Taman Telaga yang Menarik di Sekitar Jakarta : Akhir pekan adalah waktu sakral untuk berbagi keceriaan dengan orang-orang tersayang. Bersiaplah melebur dalam suasana keriaan dalam di tujuan wisata untuk memanjakan seluruh anggota keluarga.

Telaga Arwana Cibubur

Tak jauh dari jakarta, inilah salah satu tempat wisata yang pas banget untuk tempat jalan-jalan hemat namun tetap bisa mengajak keluarga bersenang-senang. Cukup dengan tiket dua ribu rupiah pengunjung dapat menikmati berbagai macam permainan di dalamnya, termasuk melihat satwa langka di Indonesia yaitu ikan arwana.

Beragam pilihan permainan berpadu suasana nyaman tak akan membuat bosan, mulai dari area permainan anak, taman air hingga atraksi wisata seru lainnya. Jika yang dicari adalah wisata sarat edukasi, tak usah khawatir dan mati gaya, ajak anak berkreasi dengan melukis caping. Selain menambah kedekatan dengan si buah hati, melukis di atas caping juga dapat mengeksplor kreativitas dan imajinasi.

Bagi yang ingin mendapat pengalaman yang lebih menantang, dapat mencoba permainan flying fox dan ATV. Si kecil juga bisa diajak memacu adreanalin di area permainan ini.

Untuk permainan ATV diperlukan kehati-hatian dan teknik yang khusus karena medannya yang licin, terlebih jika membawa anak-anak.

Jika ingin aktivitas yang lebih kalem, tapi menjanjikan keseruan, memancing juga bisa jadi pilihan. Di wahana pemancingan Gembira Telaga Arwana Cibubur, anak dapat diajarkan arti buah manis dari kesabaran.

“Tempat ini menarik, juga ada buat anak-anak seperti kolam renang, pemancingan, tempat makanan pun oke banget, cocok buat acara keluarga di sini” ujar salah satu pengunjung.

Masing-masing permainan yang ada di sini punya tarif sendiri. Untuk outbond, flying fox, dan kolam renang masing-masing dikenakan Rp. 30.000 per orang. Sementara bagi yang ingin merasakan sensasi menjelajah medan terjal dengan ATV, dikenakan biaya Rp 25.000 per dua kali putaran.

Maskot destinasi liburan ini juga tak mau ketinggalan menyambut kedatangan pengunjung. Arwana-arwana cantik berjenis supereak siap memanjakan pandangan. Di sini mereka ditangkar dan dibudidayakan. Indonesia memiliki jenis arwana yang dilindungi antara lain jenis super red, golden red, banjar red dan arwana hijau.

Ikan purba yang hidup sezaman dengan dinosaurus ini populasinya di alam liar di ambang kepunahan, karena banyak yang ingin menjadikannya sebagai peliharaan, maka budidaya mutlak diperlukan. Pengunjung yang datang ke telaga ini diperbolehkan memberikan makanan yang ditentukan.

Telaga Biru Cigaru Tangerang

Setelah ramai dikunjungi oleh warga Cigaru dan sekitarnya, Telaga Cigaru kini menjadi pusat perhatian banyak orang. Jepretan para pengunjung yang kemudian di-share di media sosial menjadi sarana efektif untuk mempromosikan tempat wisata ini sehingga sudah ribuan masyarakat penasaran lalu berdatangan ke tempat ini. Telaga Biru ini berada di kampung Cigaru, Tangerang.

Fenomena alam di Cigaru ini menjadi viral di dunia maya dan menjadi berkah bagi warga sekitarnya. Para pemuda setempat bahu-membahu untuk mengemas tempat ini untuk mengadakan sarana bagi pengunjung telaga, seperti pembuatan lahan parkir, sedangkan para ibu-ibu berjualan di sekitar lokasi.

Asal mulanya, lokasi wisata ini hanyalah cekungan biasa saja yang airnya keruh. Semenjak kemarau panjang, lalu datang musim penghujan yang membuat genangan air yang ada di tempat ini penuh dan warnanya berubah, terkadang hijau atau biru. Fenomena ini tanpa rekayasa manusia, namun terjadi secara alamiah. Warna kebiruan yang terlihat di telaga ini adalah akibat dari bahan material alami pada dasar telaga. Keindahan dan keasrian alam telaga ini mampu memanjakan mata pengunjung yang melihatnya. Dengan pemandangan eksotis ditambah pepohonan yang hijau dan air telaga yang jernih membuat semua orang yang berkunjung kagum melihatnya. Setiap hari tempat ini selalu dipadati pengunjung untuk menyaksikan langsung keindahan fenomena telaga biru ini.

Hutan Kota Situ Rawa Dongkal

Hutan kota Situ Rawa Dongkal yang luasnya 10 hektar ini adalah Kawasan hutan kota, terbentuk dalam satu kesatuan areal yang kompak di antara pepohonan dengan telaga seluas 12 hektar. Hutan kota yang masih dalam wilayah kota Jakarta Selatan ini berada di Kecamatan Jagakarsa. Untuk mencapai taman hutan kota ini, dapat ditempuh melalui jalan Raya Ciganjur Jakarta Selatan.

Fungsi hutan kota jenis ini adalah agar sebagai resapan air dan melerai berbagai jenis pencemaran udara. berdasarkan rencana pengembangannya, kawasan hutan kota ini akan diupayakan dengan berbagai macam jenis pohon, namun yang sudah ditumbuhi saat ini  baru Mahoni (sweitania mahagoni), Trembesi (samanea saman), Ketapang (terminalia catapa), Angsana (pterocarpus indicus), Bungur (lager stromea speciosa), Flamboyan (delonix regia), Kirai payung (filicium deficien), Tanjung (mimomosops elengi), Glondogan (plyanthia sp), Bambu apus (bambusa sp), Kaya (kaya anthoteca), dan lainnya.

Kawasan hutan kota ini, fungsinya selain sebagai kawasan resapan air, juga penyangga lingkungan permukiman, sangtuari marga satwa, koleksi pelestarian dan wahana wisata. Hutan kota ini terdapat  pagar pengaman yang mengelilinginya, yang jika saja dilengkapi fasilitas, tentu sangat bagus sekali menjadi taman wisata.

Di kawasan ini begitu alami pesonanya dipenuhi kicauan burung yang membuat terasa begitu dekat dengan alam ketika berada di taman hutan kota ini. Terdapat satwa yang sering dijumpai di tempat ini yaitu jenis burung seperti Emprit, Prenjak, Bondol, dan Kutilang.

Untuk yang tinggal di DKI dan sekitarnya, berlibur ke alam bebas tak harus jauh dari tempat tinggal kita. Dengan mengunjungi taman-taman dan hutan kota kita sudah dapat menghirup oksigen yang bersih, dengan sinar matahari pagi yang menyegarkan di tepian telaga yang asri.