Taman Wisata Cagar Alam Pangandaran

Taman Wisata Cagar Alam Pangandaran: Keindahan Pantai Pangandaran tentunya sudah tidak asing lagi terutama bagi yang tinggal di daerah Jawa Barat.  Namun mungkin wisatawan belum mengetahui bahwa di daerah wisata Pangandaran sebenarnya tidak hanya wisata pantai saja, satu dari sekian tempat wisata di area pantai Pangandaran adalah hutan lindung Cagar Alam Pangandaran.

Memasuki sebuah kawasan wisata hutan lindung dengan berbagai macam flora dan fauna, beraneka ragam hayati dipadukan dengan semilirnya angin pantai , deburan ombak dan suara khas dari binatang hutan tentunya membuat suasana hati menjadi lebih tenang, tentram dan damai. Warna hijau dan rimbunya semak belukar yang ada di hutan Lindung Cagar Alam Pangandaran ini mencerminkan betapa suburnya tanah yang ada di tempat ini.


Salah satu kelebihan yang ada di Pantai Pangandaran adalah taman wisata hutan lindung yang berada di antara dua pantai yaitu pantai timur dan barat sehingga hal ini memungkinkan para wisatawan untuk melihat matahari terbit dan tenggelam. Tidak hanya itu saja, para pengunjung juga dapat melihat keindahan goa – goa alam yang memiliki stalaktit dan stalakmit yang indah. Seperti diantaranya Goa Lanang, Goa Rengganis, Goa Miring dan Goa Sumur Mudal.

Mengenal Goa di Taman Cagar Alam

Jika dilihat dari sejarahnya Cagar Alam Pangandaran pada dulunya merupakan suatu akwasan konservasi Sumber Daya Alam Pangandaran yang semula dijadikan sebagai tempat perladangan penduduk. Karena semakin meningkatnya kebutuhan masyarakat akan tempat – tempat liburan dan rekreasi, pada tahun 1978, tempat tersebut dijadikan sebagai Taman Wisata.

Goa Taman Cagar Alam

Jenis pohon yang penyebarannya paling tinggi di cagar alam Pananjung Pangandaran adalah Andong, selain itu jenis lain yaang cukup dominan adalah Laban. Sedangkan untuk jenis pohon yang penyebarannya sangat minim diantaranya Walikukun, Kelepu, Menteng, Teureup, Beringin, Walen, Ki Huut, Jamura,Renghas, dan Pulus. Tidak hanya itu saja, ada pula beberapa jenis pohon introduksi yang terdapat wisata Pangandaran ini adalah seperti Salam, Huni, dan Jati yang tumbuh secara alami di area ini. keberadaan pohon jati tersebut, diperkirakan karena terjadinya ekspansi pohon jati dari Taman Wisata Cagar Alam Pangandaran menuju cagar alam Pananjung Pangandaran.

Untuk bisa menikmatiTaman Wisata Cagar Alam Pangandaran ini para pengunjung bisa masuk melalui pintu masuk pantai timur dan barat, namun bagi wisatawan yang ingin memiliki perjalanan yang seru, bisa juga dengan menggunakan perahu pesiar yang sudah ada sekitar pasir putih yang tentunya tidak bisa dijumpai di destinasi wisata Pangandaran lain, seperti taman wisata air dimana para pengunjung bisa melakukan beberapa aktivitas olahraga seperti snorkeling, memancing, watersport dan berkeliling dengan menggunakan perahu pesiar. Untuk kamu yang sedang berkunjung dan wisata di Pangandaran, jangan lupa untuk berkunjung ke Taman Wisata Cagar Alam Pangandaran.